RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 1 – 5
Alokasi : 10 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real
Kompetensi Dasar : Menerapkan operasi pada bilangan real
•A. Indikator
- 1. Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan ( dijumlah, dikurang, dikali, dibagi ) sesuai dengan prosedur
- 2. Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan ( dijumlah, dikurang, dikali, dibagi ) sesuai dengan prosedur
- 3. Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, atau pecahan, desimal, sesuai prosedur
- 4. Konsep perbandingan ( senilai dan berbalik nilai ), skala, dan persen digunakan dalam penyelesaian masalah program keahlian
- 1. Siswa dapat mengoperasikan bilangan bulat
- 2. Siswa dapat mengkonversikan pecahan kedesimal atau sebaliknya
- 3. Siswa dapat menyelesiakan masalah pada program keahlian
- 1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
- 2. Operasi pada bilangan berpangkat
- 3. Penyederhanaan bilangan berpangkat
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Memberikan pengantar tentang bilangan real dan jenis-jenis bilangan.
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan serta menjelaskan tentang operasi dan konversi pada bilangan Real.
- 3. Kagitan Akhir : Memberi latihan tentang operasi dan konvesi bilangan real.
- 1. Modul Bilangan Riil
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 6 – 10
Alokasi : 10 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real
Kompetensi Dasar : Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat
•A. Indikator
- 5. Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya
- 6. Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat
- 7. Konsep bilangan berpangkat diterapkan pada penyelesaian masalah
- 1. Siswa dapat mengoperasikan bilangan berpangkat
- 2. Siswa dapat menyederhanakan bilangan berpangkat
- 3. Siswa dapat menyelesaiakan persamaan bilangan berpangkat
- 1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
- 2. Operasi pada bilangan berpangkat
- 3. Penyederhanaan bilangan berpangkat
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Mengenalkan dan menerangkan operasi bilangan berpangkat
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Konsep bilangan berpangkat, sifat-sifat dan operasi bilangan berpangkat
- 3. Kagitan Akhir : Memberikan lathan yang menyangkut bilangan berpangkat, sifat-sifat dan operasi
•F. Sumber Belajar
- 1. Modul Bilangan Riil
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
1. Kuis
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 11 – 14
Alokasi : 8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real
Kompetensi Dasar : Menerapkan operasi pada bilangan bentuk akar
•A. Indikator
- 1. Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya
- 2. Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar
- 3. Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah
- 1. Siswa dapat menyederhanakan bilangan bentuk akar
- 2. Siswa dapat menentukan nilai bilangan bentuk akar
- 3. Siswa dapat menerapkan konsep bilangan irasional bentuk akar dalam penyelesaian masalah
- 1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
- 2. Operasi pada bilangan berpangkat
- 3. Penyederhanaan bilangan berpangkat
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Mengenalkan dan memberikan pengantar tentang bilangan irasional
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Konsep bentuk akar, sifat-sifat dan operasi pada bilangan bentuk akar
- 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR
- 1. Modul Bilangan Riil
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
1. Kuis
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematiaka
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 15 – 18
Alokasi : 8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil
Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep logaritma
•A. Indikator
- 1. Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya
- 2. Soal-soal logaritma diselesaikan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel
- 3. Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma
- 1. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat logaritma
- 2. Siswa dapat menggunakan table logaritma
- 3. Siswa dapat mengaplikasikan logaritma pada bidang keahlian
- 1. Konsep logaritma
- 2. Sifat-sifat logaritma
- 3. Operasi pada logaritma
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR sebelumnya dan memberikan pengantar tentang logaritma
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Konsep, sifat-sifat dan operasi logaritma serta penggunaan table logaritma
- 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR
- 1. Modul Bilangan Riil
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
1. Kuis
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 19 – 23
Alokasi : 10 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan
Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep kesalahan pengukuran
•A. Indikator
- 1. Hasil membilang dan mengukur dibedakan berdasar pengertiannya
- 2. Hasil pengukuran ditentukan salah mutlak dan salah relatifnya
- 3. Persentase kesalahan dihitung berdasar hasil pengukurannya
- 4. Toleransi pengukuran dihitung berdasarkan hasil pengukurannya
- 1. Siswa dapat mengukur dan membilang sesuai pengertiannya
- 2. Siswa dapat menentukan kesalahan mutlak dan kesalahan relatif dalam suatu pengukuran
- 3. Siswa dapat menghitung pertsentase kesalahan dalam pengukuran dan toleransinya
- 1. Konsep Pengukuran
- 2. Kesalahan dalam pengukuran dan persentase kesalahannya
- 3. Toleransi dalam pengukuran
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang mengukur dan membilang
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan konsep pengukuran dan kesalahan dalam pengukuran
- 3. Kagitan Akhir : Memberikan beberapa latihan tentang pengukuran dan kesalahan dalam pengukuran
- 1. Modul Bilangan Riil
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
1. Kuis
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 24 – 27
Alokasi : 8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan
Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran
•A. Indikator
- 1. Jumlah dan selisih hasil pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya
- 2. Hasil kali pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya
- 1. Siswa dapat menghitung atau menentukan jumlah maksimum dan minimum karena kesalahan pengukuran
- 2. Siswa dapat menghitung atau menentukan selisih maksimum dan minimum karena kesalahan pengukuran
- 3. Siswa dapat menghitung atau menentukan hasil kali maksimum dan minimum karena kesalahan pengukuran
- 4. Siswa dapat menerapkan konsep aproksimasi kesalahan pengukuran pada bidang keahlian
- 1. Jumlah maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
- 2. Selisih maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
- 3. Hasil kali maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Memberikan penjelasan kembali tentang salah mutlak
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Jumlah, selisih dan hasil kali dari beberapa hasil pengukuran
- 3. Kagitan Akhir : memberikan latihan soal serta memberikan PR
- 1. Modul Aproksimasi Kesalahan
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 28 – 30
Alokasi : 6 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
Kompetensi Dasar : Menentukan Himpunan Penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
•A. Indikator
- 5. Persamaan linier satu variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
- 6. Pertidaksamaan linier satu variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
- 1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan linier satu variabel
- 2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier satu variabel
- 1. Persamaan linier satu dan dua variabel
- 2. Pertidaksamaan linier satu variabel
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang persamaan dan pertidaksamaan
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara menentukan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
- 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR
- 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 31 – 34
Alokasi : 8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
Kompetensi Dasar : Menentukan Himpunan Penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
•A. Indikator
- 1. Persamaan kuadrat ditentukan himpunan penyelesaiannya
- 2. Pertidaksamaan kuadrat ditentukan himpunan penyelesaiannya
- 1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat
- 2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
- 5. Persamaan kuadrat
- 6. Pertidaksamaan kuadrat
- 7. Akar-akar persamaan kuadrat berikut sifat-sifatnya
- 8.
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara menentukan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
- 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR
- 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 35 – 38
Alokasi : 8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
•A. Indikator
- 5. Persamaan kuadrat disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui
- 6. Persamaan kuadrat baru disusun berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain
- 7. Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat diterapkan dalam menyelesaikan masalah program keahlian
- 1. Siswa dapat menentukan persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya
- 2. Siswa dapat menentukan persamaan kuadrat yang memiliki hubungan dengan persamaan kuadrat lain
- 3. Siswa dapat menerapkan persamaan dan pertidaksamaan pada bidang keahlian
- 1. Penyusunan persamaan kuadrat
- 2. Penerapan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat pada bidang keahlian
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan menjelaskan kembali tentang akar-akar persamaan kuadrat
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara menyusun persamaan kuadrat
- 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR
- 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 39 – 43
Alokasi : 10 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan Sistem Persamaan
•A. Indikator
- 5. Sistem Persamaan linier dua variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
- 6. Sistem Persamaan linier tiga variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
- 7. Sistem Persamaan dua variabel satu linier dan satu kuadrat ditentukan himpunan penyelesaiannya
- 1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
- 2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier tiga variabel
- 3. Siswa dapat menerapkan himpunan penyelesaian sistem persamaan satu linier dan satu kuadrat
- 1. Sistem Persamaan linier dua variabel dan tiga variabel
- 2. Sistem Persamaan linier dua variabel, satu linier dan satu kuadrat
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan menjelaskan kembali tentang persamaan linier dan kuadrat
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mendapatkan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan
- 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR
- 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 44 – 50
Alokasi : 14 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan macam-macam matriks
•A. Indikator
- 1. Matriks ditentukan unsur, notasi dan transposnya
- 2. Elemen matriks ditentukan berdasarkan kesamaan dua matriks
- 3. Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya
- 5. Siswa dapat menentukan ordo dan transpos matriks
- 6. Siswa dapat menyelesaikan kesamaan dua matriks
- 7. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis matriks
- 1. Unsur-unsur matriks, orrdo matriks, transpos matriks dan jenis-jenis mattriks
- 2. Kesamaan dua matriks
- 3.
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang konsep matriks
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan ordo, transpose, jenis-jenis matriks dan kesamaan dua mtriks
- 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR
- 1. Modul tentang Matriks
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 51 – 57
Alokasi : 14 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan macam-macam matriks
•A. Indikator
- 5. Dua Matriks atau lebih ditentukan penjumlahan dan pengurangannya
- 6. Dua Matriks atau lebih ditentukan hasil kalinya
- 1. Siswa dapat mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan matriks
- 2. Siswa dapat mengoperasikan hasil kali skalar dengan matriks
- 3. Siswa dapat mengoperasikan hasil kali matriks dengan matriks
- 1. Penjumlahan dan Pengurangan matriks
- 2. Perkalian skalar dengan matriks dan perkalian matriks dengan matriks
- 3. Kesamaan dua matriks yang mengandung operasi matriks
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang operasi matriks
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan kesamaan dua mtriks
- 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR
- 1. Modul tentang Matriks
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 58 – 63
Alokasi : 12 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
Kompetensi Dasar : Menentukan determinan dan invers matriks
•A. Indikator
- 1. Matriks ditentukan determinannya
- 2. Matriks ditentukan inversnya
- 5. Siswa dapat menentukan determinan matriks
- 6. Siswa dapat menentukan invers matriks
- 7. Siswa dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan matriks
- 1. Determinan dan invers matriks berordo dua
- 2. Determinan dan invers matriks berordo tiga
- 3. Penggunaan determinan dan invers matriks pada penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang determinan dan invers matriks
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan determinan, invers matriks dan penyelesaian persamaan dengan matriks
- 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR
- 1. Modul tentang Matriks
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 64 – 67
Alokasi : 8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
•A. Indikator
- 5. Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya
- 6. Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan daerah penyelesaiannya
- 1. Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
- 2. Siswa dapat menentukan daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua variabel
- 1. Grafik daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
- 2. Grafik daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua variabel
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang pertidaksamaan linier
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara membuat grafik penyelesaian sistem pertidaksamaan linier 2 variabel
- 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR
- 1. Modul tentang Program Linier
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
- 1. Kuis
- 2. Tes lisan
- 3. Tes tulis
- 4. Pengamatan dan penugasan
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 68 – 70
Alokasi : 6 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
•A. Indikator
- 1. Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
- 2. Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya
- 1. Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
- 2. Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika
- 1. Model Matematika
- 1. Ceramah
- 5. Diskusi
- 6. Penugasan
- 7. Penemuan
- 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang model matematika
- 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
- 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR
- 1. Modul tentang Program Linier
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
1. Kuis
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 71 – 73
Alokasi : 6 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
•A. Indikator
- 1. Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
- 4. Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya
- 1. Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
- 2. Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika
- 1. Model Matematika
- 1. Ceramah
- 2. Diskusi
- 3. Penugasan
- 4. Penemuan
- 5. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang model matematika
- 6. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
- 7. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR
- 1. Modul tentang Program Linier
- 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
1. Kuis
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas/ Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 74 – 77
Alokasi : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi :Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar : Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier
A. Indikator
1. Fungsi obyektif ditentukan dari soal
2. Nilai optimum ditentukan berdasar fungsi obyektif
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat dapat menetukan nilai obyektip dari soal cerita
2. Siswa dapat menentukan nilai optimum, baik maksimum atau minimum
C. Materi Pelajaran
1. Fungsi objektif
2. Nilai optimum
D. Metode Pengajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Penemuan
E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang model matematika
2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan minimum
3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR
F. Sumber Belajar
1. Modul Matematik SMK
2. Referensi lain yang relevan
G. Penilaian
1. Kuis
2. tes lisan
3. tes tulis
4. pengamatan danpenugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas/ Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 78 – 80
Alokasi : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar : Menerapkan garis selidik
A. Indikator
1. Garis selidik digambarkan dari fungsi obyektif
2. Nilai optimum ditentukan menggunakan garis selidik
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapatmenggambar garis selidik dari fungsi obyektif
2. Siswa dapa t menentukan nilai optimim dengan menggunakan garis selidik
C. Materi Pelajaran
Garis selidik
D. Metode Pengajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Penemuan
E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang model matematika
2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan minimum dengan menggunakan metode
garis selidik.
3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan serta mengabil nilai
tugas
F. Sumber Belajar
1. Modul Matematik SMK
2. Referensi lain yang relevan
G. Penilaian
1. Kuis
2. tes lisan
3. tes tulis
4. pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas/ Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 81 – 84
Alokasi : 8 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan
dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)
- A. Indikator
2. Suatu pernyataan ditentukan nilai kebenarannya
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membedakan antara pernyataan dan bukan pernyataan
2. Siswa dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan
C. Materi Pelajaran
Pernyataan dan bukan pernyataan
D. Metode Pengajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Penemuan
E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal : Pengenalan logika matematika kepada siswa melalui beberapa contoh dialam
yang nyata ( konkret )
2. Kegiatan Inti : 1.Menjelaskan tentang perbedaan antara pernyataan dan bukan pernyataan
2. Menelaskan bagaimana menentukan nilai kebenaran
3. Kagitan Akhir : Memberikan tugas siswa untuk membuat kalimat yang merupakan pernyataan
dan yang merupakan pernyataan.
F. Sumber Belajar
1. Modul
2. Matematik SMK
3. Referensi lain yang relevan
G. Penilaian
- 1. Kuis
- 2. tes lisan
- 3. tes tulis
- 4. pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas/ Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 85 – 89
Alokasi : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan
dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan
ingkarannya
A. Indikator
1. Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dibedakan
2. Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi, ditentukan nilai kebenarannya
3. Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi ditentukan nilai kebenarannya
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membedakan antara ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi
2. Siswa dapat menetukan nilai kebenaran ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi
3. Siswa dapat menetukan nilai kebenaran Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi ditentukan
nilai kebenarannya
C. Materi Pelajaran
1. Ingkaran 4. Implikasi
2. Konjungsi 5. Biimplikasi
3. Disjungsi 6. Ingkarannya
D. Metode Pengajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Penemuan
E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal : Mengenalkan siswa tentang Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan
biimplikasi
2. Kegiatan Inti : 1. Menjelaskas agar siswa dapat membedakan antara. Ingkaran, konjungsi,
disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
2. Menjelaskan agar siswa dapat menetukan nilai kebenaran ingkaran, konjungsi,
disjungsi, implikasi, dan biimplikasi
3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR
F. Sumber Belajar
1. Modul Matematik SMK
2. Referensi lain yang relevan
G. Penilaian
1. Kuis
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas/ Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 90 – 92
Alokasi : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan
dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Invers, Konvers dan Kontraposisi
•A. Indikator
1. Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi
2. Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai kebenarannya
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menetukan Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi
2. Siswa dapat menentuka Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai
kebenarannya
C. Materi Pelajaran
1.Invers
2.Konvers
3.Kontraposisi dari implikasi
•D. Metode Pengajaran
1.Ceramah2.Diskusi
3.Penugasan dan Penemuan
E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengenalan tentang Invers, Konvers dan Kontraposisi
ditentukan dari suatu implikasi
2. Kegiatan Inti : Menerangkan agar siswa dapat menentukan nilai kebenaran . Invers, Konvers dan
Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi.
3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR
F. Sumber Belajar
1. Modul
2. Matematik SMK
3. Referensi lain yang relevan
G. Penilaian
1. Kuis
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MatematikaKelas/ Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 93 – 95
Alokasi : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi :Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
Kompetensi Dasar : Menerapkan modus panens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan.
•A. Indikator
1. Modus ponens, modus tollens dan silogisme dijelaskan pebedaannya
2. Modus ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan
3. Penarikan kesimpulan ditentukan kesahihannya
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengerti modus ponens, modus tollens dan silogisme serta mampu menjelaskan pebedaannya
2. Siswa dapat menetukan modus ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan
3. Siswa dapat menarikan kesimpulan ditentukan kesahihannya
C. Materi Pelajaran
1. Modus ponens
2. modus tollens dan silogisme
D. Metode Pengajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan dan Penemuan
E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengenalan tentang modus ponens, modus tollens dan
silogisme serta menjelaskan pebedaannya
2. Kegiatan Inti : Menerangkan agar siswa dapat menetukan modus ponens, modus tollens dan silogisme
digunakan untuk menarik kesimpulan
3. Kagitan Akhir : Memberikan latihan berbagai soal tentang modus ponens, modus tollens dan silogisme
digunakan untuk menarik kesimpulan.
F. Sumber Belajar
1. Modul
2. Matematik SMK
3. Referensi lain yangnrelevan
G. Penilaian
1. Kuis,
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
0 komentar:
Posting Komentar